Pulau Sempu – Malang Jawa Timur

2 Okt

Kali ini aku cuma ingin share aja, pengalaman travellingku pertama kali ke jawa timur kurang lebih sudah 2 tahun lebih yang lalu, 26-28 Januari 2010. Singkat kata aku diajak teman kuliah agus untuk mengisi liburan kuliah waktu itu, saat itu bersama dengan 4 orang temannya dari UNDIP Semarang (nita angga intan wahyu) ke Pulau Sempu *tentunya sebelumnya kita search segala macem tentang sempu, dari rute biaya plus semua yang kudu dipersiapin buat kesana. Dan setelah breefing bareng anak2 di rumah intan pas hari kamis kalo tidak salah, ternyata kakak intan ingin ikut dalam rombongan kita kali ini, namanya mbak Mita. Bertujuhlah kita sepakat untuk menuju Pulau Sempu. Dan saat itu pembagian tugas dan persiapan barang yang harus dibawa disepakati.

Hari selasa, 26 Januari 2010 pukul 21.00 WIB, kita berkumpul di Stasiun Poncol. dengan persenjataan tempur kita siap menunggu limosin terpanjang (a.ka kereta) kita menjemput. Yah sekitar 2 jam kita menunggu datanglah jemputan kita. Kali ini kita berangkat dengan kereta ekonomi.

*menunggu kereta datang poto dulu ah :p

8-9 jam-an lamanya kita berada di dalam kereta, banyak waktu kita habiskan untuk bercanda dan tidur. Kalo kamu tahu ini pertama kalinya naik kereta, ternyata ruame banget, paket koplit, banyak yang jualan, hehehe,, *but it is fine and comfort enough*

Sekitar pukul 7 lebih sekian menit hampir jam 8, tibalah kita di stasiun Turen Jawa Timur. Bergegaslah kita ke kamar mandi,, bersih2 di toilet  stasiun. setelah itu kita cari angkot ke Sendang Biru. Alhasil kita menyewa mobil bison, mobil jenis Carry tapi gede lagi. setelah kesepakatan kita diantar dari stasiun turen ke sendang biru, untuk menuju sendang biru kita memakan waktu sekitar 2 jam kalo ga salah.

Sampainya di Sendang biru, kita makan siang dan mencari perahu untuk disewa ke Pulau sempunya. Dapatlah kita perahu pak abdul, dengan nahkoda pak paul, sekitar 10-15 menit sampailah ke pintu masuk pulau sempu. Ohya sebelum masuk segara anakan, kudu dapet ijin dulu (perijinan kawasanan cagar alam).

*ni baru di sendang biru, pemandangan uda kece bro.. 🙂

*poto sendang biru berlatar pasir putih dan laut yang indah ❤

sempetin poto di atas perahu dulu ya..

Nah disinilah fisik kita diuji, karena kita datang pas musim hujan, dan tidak tau medan ditambah dengan over bawaan, so untuk menempuh ke segara anakan kita menghabiskan waktu lebih dari 4 jam dan penuh dengan lumpur, yang seharusnya 1 jam sudah sampai tujuan. Sekitar pukul 20.00 kalo tidak salah kita baru sampai segera anakan, sampai disana karena sudah larut malam, kita segera bersih2 diri*nyemplung segara dan bangun tenda untuk bermalam.

*best moment ever 😀 *ngakak

Taraaaaa,, paginya baru keliahatan eloknya segara anakan, Subhanallah bagus, apa lagi kalo bersih, 2 tumbs deh, kita bermalam disana 2 malam 2 hari. Enjoy this island, hari kedua benar2 harinya ita, hanya kita bertujuh di pulau itu, berasa pulau pribadi :D. Disini kalian bisa nikmatin pasir yang putih, air yang jernih, deburan ombak dari samudera sebelah tapi suasana yang tenang, karang di bukit yang elok, dan pemandangan lagsung dari atas bukit sempu, Elok!. Recomended lah

*bisa liet laut samudra hindia dari atas bukit sempu,, biru banget, apik!

*tuh kan airnya masih tosca, pasirnya putih,, lingkungan masih bersih, *semoga aja sekarang juga masih bersih :/

Jumat, 29 Januari 2010 pukul 07.00 kita bergegas pulang, packing and done, pukul 08.00 kita pulang, dan perjalanan kita dari segara anakan ke pintu masuk pulau sempu hanya mengabiskan 1 jam 🙂 *belajar dari pengalaman. Dan sampai sana ditunggu jemputan perahu motor. Done.

Itu sekelumit cerita travellingku bersama teman-teman baikku, semoga kita bisa backpacker lagi di tempat lain, I wish Amin.

Info rute and budget:

Dari stasiun Poncol-Semarang-Stasiun Turen Jawa Timur-Sendang Biru-Segara Anakan

Budget:

Tiket kereta ekonomi Semarang- stasiun Turen @Rp 26.000

Sewa mobil Bison 1 mobil/7orang Rp 250.000 –> @Rp 36.000

Sewa perahu motor 1 perahu/7orang Rp 100.000 –> @Rp 14.500

Bayar perijinan masuk kawasan cagar alam Rp 25.000–>@Rp 3.600

Tiket kereta ekonomi stasiun kepanjen-Tawang Semarang @Rp 28.000

+ biaya lain (makan, uang receh ke toilet, dan hal tak terduga :D)

NB:

Sebelum pulang semarang kita menikmati kota malang dulu jadi untuk pulang kita dari stasiun kepanjen Malang

Info kurang lebih segitu, aga lupa tapi kisaran itu, mohon ralatnya teman-teman kalo salah 🙂

Tips and tricks:

Siapin fisik dah kalo mau travelling, jangan lupa bawa obat-obatan pribadi, buat nambah stamina bawa madu ma gula jawa, hee, bawa barang bawaan yang perlu aja. Jangan sampai travelling terhambat karena beban barang yang ga penting.

Pesan penting: selalu jaga kebersihan dan buang sampah di tempat sampah, cintai alammu cintai negerimu 🙂

Happy travelling everybody 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: