Rafting Sungai Progo-Magelang

18 Sep

Sekitar 6 bulan yang lalu, tepatnya libur hari nyepi 23 Maret  aku beserta sahabat kuliah (@nenettyw,@ieabajak, @sayossa, @dhanar dan @affan) mengisi liburan kita untuk mencoba hal baru, arung jeram atau rafting untuk bahasa kerennya. Dari hobi kita yang sama-sama doyan maen, travelling, kita kompakkan menuju ke magelang rumah dhanar sebagai base camp berkumpulnya tim sukses ini pada waktu itu. Disambut dengan teh hangat dan rubi ( snack manis dari serutan singkong) di rumah dhanar, sekitar 5 menit setelah kedatangan sayossa dan affan dari selesainya sholat jumat, kita pun bergegas menuju kampung ulu resto di kawasan Jalan Borobudur, Muntilan sebagai tempat awal kita, start place bertemu dengan agen rafting yang kita pakai, kita menggunakan jasa dari kompas adventure Setelah berkenalan dengan guide/ pembimbing rafting dan juru potret yang kita sewa, masing dari kita bergegas ganti kostum siap rafting. Dan dari kampung ulu resto ini kita memulai perjalanan menaiki kopata/ angkot yang berisikan 6 tim rafting termasuk saya, 1 guide dan 1 sopir, sedangkan juru potret sudah meluncur sendiri dengan motor lakinya.

Sekitar 30 menit perjalanan darat sampailah kita di jembatan double Blondho sebagai start awal kita akan memulai rafting ini. Sebelum meluncur ke sungai seperti biasa kita prepare semua peralatan, pakai rompi pelampung, helm, bawa dayung, dan saatnya berPOSE dulu,, heeeee :-]

Setelah berpose, dilanjutkan dengan pengarahan dari mas guide cara menggunakan dayung, memahami aba-aba yang nantinya akan digunakan dan berdoa untuk keselamatan dan kesuksesan rafting kali ini. Untuk info aja, ini pertama kalinya rafting buatku.

Yuph, rafting pun dimulai. Bismillah.

Di sungai progo bawah ini sangat cocok untuk para pemula. Karena jeram tidak terlalu berbahaya, dalam kondisi debit air yang normal, arus tidak deras. Sepanjang 2 km sungai progo yang kita arungi, banyak sekali jeram-jeram yang kita temui, ada yang sudah diberi nama seperti jeram rodio, jeram bambu. Ada juga yang tanpa nama. Kondisi cuaca yang sedikit bersahabat karena waktu itu gerimis mengundang basah, di sepanjang sungai banyak ditemui beberapa aktivitas masyarakat sekitar progo, ada yang memancing, ada yang mandi, ada pula yang mencari batu.

Banyak terjadi keseruan selama perjalanan rafting, awal perjalanan ada saja target untuk diceburkan ke dalam air sungai. Sampai kesemuanya harus basah kuyup karena keisengan satu sama lain. Guidenya juga sangat seru menentukan game selama rafting berlangsung. Kapal terbalikpun tak luput untuk tim kami ini, teh celup juga, jadi teh celup ini dilakukan kalau ada orang yng tercebur ke dalam sungai maka guide akan mencoba menariknya, tapi hati-hati sebelum ditarik ke atas karet kamu akan ditenggelamkan terlebih baru diangkat, persis cara bikin teh celup.

Ada juga game ular tangga, saling ngapung berjejer, pegang kaki satu sama lain, dan ngambang terlentang mengikuti arus. Yah, everything more atrackting if you can felt it self. And more amazing experiences.

Perjalanan mengarungi 2 km dari sungai Progo berakhir di jembatan mendhut sebagai tempat finish kita. Basah, Capek, Excited, Happy, campur jadi satu.

Dan perjalanan berlanjut ke tempat awal kita start di Kampung Ulu Resto. Kita balik kesana untuk mandi, makan, dan pulang, akhir dari acara rafting kali ini. Dan pastinya akan bertemu di rafting-rafting selanjutnya. Next travelling, rafting Progo atas, caving Pindul, Karimun, Bromo, banyak di benak. Wujudkan satu persatu deh, nabungnya jangan lupa kawan 🙂

For Information:
-Biaya yang harus dikeluarkan:
Sewa perlengkapan rafting( perahu, dayung, helm, pelampung) + guide + angkot jemputan + makan 1 x dan snack : Rp 600.000
Sewa fotografer + dapet softcopy berupa 1 buah CD : Rp 150.000

Total keseluruhan Rp 750.000, dibagi 6 orang masing-masing : Rp 125.000

-Untuk keperluan pribadi: bawa ganti baju dan peralatan MCK. itu saja 🙂

see You later in the next travelling.

Iklan

2 Tanggapan to “Rafting Sungai Progo-Magelang”

  1. Mauren Fitri I.D September 20, 2012 pada 9:10 am #

    Kyaaaa. Daku belum pernah, mbok diajakin mbak :’)

    • rinipewe September 26, 2012 pada 6:19 am #

      Mbok iya ya, insya Allah kalo ada waktu mangkaaaatttt…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: